Rabu, 27 Oktober 2010

Belajar membuat 3D Animation with Blender 2.54

            Guna mengembangakan wawasan mahasiswa khususnya dalam bidang animasi, STIKOM bekerja sama dengan Komunitas Blender Indonesia mengadakan workshop “Introducing to 3D Animation with Blender 2.54” selama 2 hari (13-14/10) mulai pukul 08.00-12.00 di laboratorium D lantai 6 STIKOM Surabaya. Acara yang disampaikan oleh Adhicipta R. Wirawan ini dihadiri oleh 34 peserta, terdiri dari mahasiswa STIKOM, dikhususkan untuk prodi DKV, kolega senior, komunitas Animasi di berbagai instansi, dan mahasiswa dari beberapa kampus lain.
            Acara ini sanngat diminati oleh beberapa pecinta animasi, terbukti dari kuota yang disediakan, pendaftar, dan jumlah peserta yang hadir cukup besar. Awalnya acara ini memiliki sekitar lebih dari 50 pendaftar, tapi dengan kuota yang saat itu hanya 25 kursi, terpaksa diadakan penyaringan peserta. Namun pada saat absensi jadwal kehadiran, tercatat 34 peserta yang menghadiri acara tersebut.
            Tak heran bila workshop kali ini sangat diminati, karena kita diajarkan cara-cara menggunakan program Blender dari dasar. Ada pengenalan Blender, pelatihan membuat animasi, sampai pemutaran fiml animasi pendek yang pembuatannya menggunakan program Blender. Film animasi yang tunjukkan dibuatoleh komunitas Blender dari berbagai negara, kita dapat meng-upload film animasi pendek ini di www.blender.org secara gratis. Selain itu, bagi mahasiswa STIKOM yang tertarik untuk belajar lebih  jauh, dapat menginstall programnya di lantai 8.
            Dalam wawancara bersama Mas Rizal dan Mas Carles, dijelaskan bahwa acara ini sudah disiapkan sejak bulan September dan diselenggarakan pula serentak dibeberapa kota seperti Malang dan beberapa kota lain di luar Jawa Timur. Sebelum diadakan workshop di STIKOM pun memang sudah pernah ada pelatihan di HI TECH Mall. Hal terpenting yang diperlukan dalam acara ini adalah modul pembelajaran. Mereka menjelaskan tujuan diselenggarakan acara ini adalah menciptakan ekosistem industri kreatif, terutama dalam bidang animasi di kota Surabaya karena komunitas paling aktif memang ada di Surabaya. Kebanyakkan komunitas ini terdiri dari berbagai mahasiswa multimedia dari universitas negeri/swaasta sampai pelajar SMK. Namun komunitas ini memang condong untuk membidik pelajar SMK yang dinilai mudah untuk mengenalkan dan mengajarkan operasional program Blender. Pesan untuk para pengguna program Blender dari Mas Rizal dan Mas Carles adalah jangan takut untuk memulai belajar, karena ada komunitas dari Blender yang akan membantu kita, jadi belajar semakin mudah dan cepat. [yoe]


Tidak ada komentar: