Kamis, 31 Desember 2009

MARI BELAJAR CSS

CSS merupakan salah satu materi pembelajaran siswa di SMAN 11 Surabaya untuk kelas XII (kelas 3). Materi ini merupakan kelanjutan dari pembelajaran “HTML”. Tentu saja materi ini diberikan untuk memberikan pengetahuan baru dan bekal bagi siswa-siswinya dalam keterampilan mendesain web. Berikut adalah ulasan perkenalan awal dengan CSS.


Sebelum kita belajar CSS, ada baiknya jika kita berkenalan dengan apa yang di maksud dengan CSS. CSS adalah kepanjangan dari Casanding Style Sheet. Fungsinya adalah untuk membantu kita mendesain (style) tampilan dokumen, terutama pada tampilan HTML dengan memisahkan isi dari dokumen HTML itu sendiri dengan kode untuk menampilkannya.

CSS adalah standart pembuatan dan pemakaian bentuk dokumen yang disusun secara struktural. Dalam hal ini CSS digunakan untuk mempersingkat penulisan tag HTML seperti font, colour, text, dan table menjadi lebih ringkas sehingga tidak terjadi pengulangan tulisan dan dapat menghemat waktu penulisan juga.

Ada beberapa keuntungan yang kita dapat dalam penggunaan CSS, yaitu:
a. Memisahkan presentasi sebuah dokumen dari content document itu sendiri
b. Memperoleh dan mempersingkat pembuatan dan pemeliharaan.
c. Mempercepat proses pembacaan HTML.

Sekian materi sebagian dari dasar-dasar CSS. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan penulisan maupun keterangan yang sekiranya kurang jelas. Semoga dapat memberikan pengetahuan baru bagi pembaca sekalian. Amin.

Tidak ada komentar: